Friday 18 May 2018

Honkai 3rd Impact Game Review



Honkai 3rd Impact

          Game android ciptaan Muhoyo, Honkai Impact 3rd sedang naik daun belakangan ini terutama dikalangan para otaku (para pencinta anime dan budaya Jepang lainnya). Selain dari character dalam game yang kebanyakan perempuan, honkai impact juga menyajikan game RPG dengan grafik kualitas tinggi. Berbeda dengan game RPG yang biasa saya mainkan, yang hanya berkeliling dan berbicara dengan character lain dalam game, Honkai Impact menyajikan RPG yang membuat player merasakan hal baru. Meskipun di Play Store Indonesia disajikan dalam tampilan bahasa inggris, namun audio di dalam game dan CGV yang disajikan masih dalam bahasa Jepang yang menambah daya tarik game ini. beberapa review atau pun pendapat pemain yang pernah saya dengar dan baca memang  menyebutkan bahwa game ini membosankan, dan saya juga berpedapat sama. Main story mission  adalah sebuah misson yang dimainkan dengan tiga buah misi yang apabila terpenuhi akan mendapat 5 diamond per satu misi yang terpenuhi. Saya tidak memainkan game ini pada saat open beta dan menurut teman saya game ini membosankan karena hanya perlu menyelesaikan satu cerita dengan tiga misi dan dalam tiga tingkat kesulitan berbeda (normal, hard, extreme). Berikut ini adalah vitur yang disajikan oleh Honkai Impact saat ini.

1.      Valkyrie
Valkyrie

Valkyrie adalah sebutan untuk character dalam game (berbeda dengan nama character). Sampai saat artikel ini ditulis, jumlah valkyrie yang dapat diakses oleh player domain Indonesia adalah sebanyak 23 valkyrie. Masing-masing valkyrie memiliki jenis yang berbeda. Valkyrie tergolong menjadi tiga yakni jenis Mecha, Psychic dan Creature. Valkrie mecha paling baik untuk melawan dan mengalahkan monster creature, Valkrie creature paling baik untuk melawan dan mengalahkan monster psychic, dan Valkrie psychic paling baik untuk melawan dan mengalahkan monster jenis mecha. Valkyrie terbagi menjadi tiga teknik bertarung yakni jarak jauh, jarak menengah, dan jarak dekat. Valkyrie serangan jarak jauh akan menggunakan senjata berupa roket, laser, ataupun dual gun. Valkyrie serangan menengah hampir seperti serangan jarak dekat namun, dalam menyerang senjata valkria dapat melingkar melingkari valkria sehingga tidak hanya monster didepan yang dapat diserang tetapi musuh disekitar valkyrie akan ikut terserang (area attack). Valkyrie serangan jarak dekat menggunakan weapon jenis katana, great sword (pedang besar), dan dual gun (physical attack).



2.      Open Word

Saat ini Honkai Impact telah dilengkapi dengan side mission Open Word Sakura Samsara, dimana peluang untuk mendapatkan valkyrie Yae Sakura akan meningkat dengan menukarkan item Sakura Samsara dengan fragmen Yae Sakura (pecahan/puzzle Yae Sakura). Secara sederhana, Sakura Samsara akan saya sebut sebagai petualangan valkyrie untuk menyelesaikan misi yang ada. misi yang harus diselesaikan adalah mengalahkan 5 jenis monster yang dipilih sebelum memasuki Sakura Samsara yang player harus selesaikan misi tersebut dengan berkeliling disuatu wilayah. Saya sebut petualangan karena tidak seperti main story, Sakura Samsara mengizinkan pemain untuk berkeliling secara bebas pada sebuah wilayah hingga terselaisannya misi yang diambil.

3.      Infinity Abbys
Infinity abbys adalah salah satu event stage yang selalu hadir dan direset kurang lebih dalam 3 hari sekali. Infinity abbys adalah tempat yang tepat untuk mendapatkan diamond hingga 300 diamond setiap kali reset dan mendapatkan item seperti emblem dan item lain yang dapat ditukarkan dengan stigmata dan weapon. Untuk sebagian orang sistem Infinity abbys mungkin membosankan karena seperti namanya, Infinity abbys mengharuskan player untuk melawan monster sebanyak mungkin pada lantai abbys. Maksudnya, player harus mengalahkan monster ditiap lantai hingga mencapai lantai tertinggi yang dapat diraih. Infinity abbys terdiri dari 8 bagian yang tiap bagian dapat mencapai 50 lantai dan pada tiap bagian itu pula terdapat 20 player yang akan bersaing untuk dapat naik ke bagian selanjutnya dengan cara mencapai lantai tertinggi dari player lainnya pada bagian tersebut. Pada beberapa bagian abbys, player akan mendapat item yang dapat digunakan untuk mencurangi player lainnya seperti bomb yang diletakkan pada player yang apabila dalam 90 menit tidak dapat atau tidak naik lantai maka player tersebut akan turun 2 lantai, trap yang membuat player lawan kehilangan darah valkyrie setiap detik, trap membuat valkyrie lawan kesulitan bergerak, dan lain-lain.

4.      Extra (side) mission dan Event stage

Hal lain yang memanjakan player Honkai Impact adalah penyajian Extra (side) mission dan Event stage yang selalu direset dan bertambah. Dalam satu bulan saja bisa hingga 3 side story dan special mission yang disediakan, khususnya saat ada valkyrie yang baru rilis. Pada saat seperti ini, player akan diberi kesempatan untuk mendapatkan valkyrie baru secara gratis hanya dengan memainkan side story dan special mission dan mengumpulkan frgment valkyrie (pecahan valkyrie).

5.      Co-op Battle
Secara keseluruhan Honkai Impact merupakan game online, namun player hanya bermain sebagai solo player. Maksudnya dalam satu pertarungan, player dapat membawa hingga tiga valkyrie berbeda dan ketiga player tersebut dapat dimainkan secara bergantian. Namun. Dalam co-op battle player akan diajak bermain bersama player lain untuk mengalahkan musuh. Pada co-op battle, player hanya dizinkan menggunakan satu valkyrie yang biasanya harus memikirkan jenis atau elementnya seimbang antara tiga player.


6.      Free Diamond
Diamond dalam game diperlukan untuk beberapa hal terutama untuk supply. Dengan melakukan supply, player mendapat peluang untuk mendapat valkyrie, weapon, hingga stigmata level tinggi (tergantung even yang sedang berlangsung). Diamond dapat sangat mudah didapat atara lain dengan menyelesaikan misi harian, menyelesaikan misi di main story, infinity abbys, dan event-event lain mulai dari event di fanspage Honkai Impact hingga event login dalam game.

7.      Valkyrie Dormitory
Valkyrie dormitory adalah side game baru dari Honkai Impact. Player disajikan dengan valkyrie dalam bentuk yang kecil dan lucu dengan tema Asrama yang dapat ditinggali hingga 10 valkyrie (tergantung level dorminity). Player dapat dengan bebas mengisi dan menata kamar/ruangan dengan furniture yang diinginkan. Tapi dari pengalaman pribadi saya (diHp saya) kelemahan fitur ini adalah masih delayed atau lag, jadi saat berinteraksi dengan valkyrie, respon game agak lama seperti macet.

Cukup sekian dulu ulasan untuk Honkai Impact 3rd kali ini, ulasan berikutnya mungkin apabila ada big update dan vitur baru lainnya.

No comments:

Post a Comment